Thursday, June 18, 2015

Obat panas dalam tradisional untuk anak-anak

Kebanyakan orang tua yang mempunyai anak sering panik jika salah satu dari sang buah hati mengalami gejala panas dalam, kalau kita mengetahui bahwa yang terjadi pada anak adalah gejala panas dalam seperti radang tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, meriang, selera makan berkurang dan rewel, anda tidak perlu membawa ke puskesmas karena ada beberapa jenis obat panas dalam tradisional untuk anak-anak.

Untuk mengetahui penyebab panas dalam yang dialami oleh anak-anak, dibawah ini saya akan uraikan satu per satu penyebabnya dan obat tradisional apa yang cocok untuk mengobati panas dalam tersebut antara lain:
Perubahan cuaca
Maksudnya perubahan cuaca adalah masa peralihan antara dua musim utama yang berbeda didaerah tersebut, yaitu antara musim hujan dan musim kemarau atau kebalikannya. Dan ini kemungkinan besar bukan hanya terjadi pada sang buah hati anda tetapi orang dewasa pun bisa mengalimnya. Ketika akan terjadi perubahan cuaca maka sebaiknya anda memberikan makanan yang dapat meningkatkan imunitas (daya tahan) tubuh anak, sehingga sang buah hati dapat terhindar dari gejala panas dalam ketika terjadi perubahan cuaca.
Gorengan
Gorengan memang merupakan salah satu makanan favorit anak-anak, akan tetapi gorengan ini merupakan makanan yang bersifat panas, apabila anak anda berlebihan dalam mengkonsumsi gorengan, makan risiko terkena panas dalam akan semakin besar. Maka, kontrollah jajanan anak anda, jangan terlalu sering mnegkonsumsi gorengan. 
Kurang Vitamin C
Kemungkinan besar anak anda kurang mengkonsumsi buah-buahan sehingga daya tahan tubuh lemah dan ini yang membuat sang buah hati mengalami panas dalam.
Kurang Serat 
Sayur-sayuran memiliki serat yang paling banyak, kalau sang buah hati kurang senang dalam mengkonsumsi sayur-sayuran maka akan mudah mengalami sakit panas dalam, untuk itu mulailah memberikan sayur-mayur pada menu makanan anak anda, olah sedemikian rupa agar anak anda tertarik dengan sayuran supaya terhindar dari sakit panas dalam.
Dehidrasi
Dehidrasi disebabkan karena kurangnya cairan pada tubuh anak. hal ini dapat terjadi apabila anak anda terlihat aktif tetapi kurang dalam mengkonsumsi air mineral.

Obat panas dalam Tradisional  yang bisa Mengatasi Panas Dalam Pada anak-anak

Beberapa obat tradisional yang bisa mengatasi sakit panas dalam pada sang buah hati dan di sukai oleh anak-anak, antara lain:
Cincau
Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Cincau ini dapat anda berikan kepada buah hati anda yang sedang terserang gejala panas dalam. Caranya, dengan mencampurkan cincau dengan sedikit air yang telah diberikan gula merah (agar terasa manis dan disukai anak).
Air Kelapa Muda
Selain rasanya yang enak, air kelapa muda berfungsi menambah ion tubuh yang hilang. maka banyak herbalis menyarankan meminum air kelapa muda ketika kita mengalami panas dalam. Air kelapa ini juga bisa anda berikan kepada buah hati anda.
Madu 
Apabila anak anda mengalami gejala panas dalam seperti yang telah kami sebutkan di atas, maka segera minumkan madu pada anak anda, caranya, ambil 1 sendok madu, kemudian campurkan dengan sedikit air putih. setelah itu minumkan pada anak satu hari 2 kali. Sebagaimana kita ketahui, madu dapat meningkatkan imun tubuh.
Jeruk
Jika anda kehabisan stok madu dirumah, jeruk dengan kandungan vitamin C yang tinggi juga bisa menjadi alternatif pereda gejala panas dalam.
Wortel Dan Kubis
Ingat, salah satu penyebab panas dalam adalah kurangnya serat pada tubuh. dengan memberikan makanan yang kaya akan serat pada anak bisa juga mengatasi panas dalam.

Selain makanan alami untuk mengatasi panas dalam pada balita di atas, anda juga bisa memberikan pada buah hati kecil anda yang tengah mengalami panas dalam dengan ramuan dari sari kunyit, telur ayam kampung dan madu yang dicampur menjadi satu. Berikan satu kali sehari.

Demikianlah info obat panas dalam tradisional, mudah-mudahan melalui postingan saya ini sangat bermanfaat bagi setiap pembaca.

No comments: